Jumat, 11 Agustus 2017

6 Tips Merawat Gitar

Saat ini banyak sekali hobi yang di miliki oleh anak muda, di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang sangat gemar sekali bermain musik dan hampir seluruh anak muda gemar sekali bermain musik gitar, apakah anda salah satunya? Jelas dong dengan hobi yang anda miliki pasti memiliki alat hobi anda? di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang memiki gitar yang bagus bagus dan unik, namun banyak dari mereka tidak bisa untuk merawat atau menjaga gitar tersebut. berikut tips merawat gitar kesayangan yang bisa anda coba

  • Case Gitar

Sama seperti manusia yang memiliki rumah, demikian pula gitar memerlukan case (tas).  Case adalah tempat untuk menyimpan gitar yang biasa kita lihat seperti tas,kegunaan case adalah untuk melindungi gitar dari debu, kotoran dan benturan dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan body gitar akan tergores dan lecet. Case gitar ada dua yang hardcase dan softcase, bagai cover sebuah buku. Hardcase biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik yang cukup kuat dan tebal. Sangat aman untuk melindungi gitar.  Cocok bila kita tidak sering berpergian dan bagi yang sering ke studio untuk berlatih. Bila gitar anda tidak dimainkan sebaiknya anda menyimpan di dalam case, atau anda bisa mencari supplier kardus untuk di buatkan kemasan gitar yang bagus untuk menyimpan gitar saat tidak di gunakan.
  •  Senar Gitar Harus Selalu Bersih

Usahakan senar gitar anda selalu dalam kondisi bersih dengan cara setiap kali anda selesai bermain bersihkan senar dengan lap atau pembersih senar kusus (string cleaner).
Paling tidak seminggu sekali bersihkanlah senar anda. Para peneliti beranggapan bahwa saat bermain gitar, tidak disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya. Ini karena kinerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini sangat jarang disadari oleh para gitaris.
  • Kendorkan Senar Gitar

Mengendorkan senar dilakukan apabila gitar akan tidak dipakai dalam tempo yang lama, karena dapat menyebabkan kebengkokan pada neck gitar,setang gitar apabila tak dikendorkan, walaupun kemungkinannya kecil tetapi tidak ada salahnya dilakukan lebih baik mencegah darpada mengobati.
  •  Meletakan Gitar Pada Gitar Yang Benar

Pastikan gitar selalu diletakan pada suatu tempat yang memposisinya dalam keadaan yang aman dan benar. Salah-salah dalam meletakan gitar kita takutnya kemungkinan terjadi  akan hal-hal yang tidak diinginkan seperti lecet,terbanting bahkan patah pada bagian tertentu itu sangat rentan.
  • Buat Gitar Agar Kinclong

Kinclong berarti mengkilap sehingga orang yang melihatnya berkata, "wow!" atau "Cool" Bagaimana caranya? Lap gitar anda degan bahan kaos, baik body, neck, senar dan seluruh bagian gitar. Untuk bagian pick-up dibawah senar yang agak susah dibersihkan,bisa menggunakan kuas cat. Faktor terpenting yang menentukan sebuah gitar ialah bagaimana sang pengguna/pemilik gitar ini rajin merawat dan membersihkan gitar miliknya agar selalu terlihat baik.
  • Mengganti Senar Secara Rutin


Biasakan selalu mengganti senar gitar anda jika senar sudah berkarat atau sudah dirasa akan putus. Hal ini dikarenakan bukan hanya tidak enak dimainkan tapi warna suaranya juga menjadi tidak karuan dan merusak fret gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar