Minggu, 13 Agustus 2017

4 Cara Merawat Mesin Mobil

Dengan dorongan perkembangan jaman saat ini siapa yang tidak memiliki mobil? Di jaman modern saat ini banyak sekali anak muda yang sudah memiliki kendaraan pribadi yaitu mobil, apakah anda salah satu orangnya? jika ya, mobil apakah yang anda miliki? Di jaman modern saat ini banyak sekali jenis kendaraan beroda 4 yang anda di negara kita ini, saat ini jelas mobil sangat di butuhkan untuk mengantarkan kita kemana pun yang di mau seperti pulang ke kampung halaman. Di jaman modern saat banyak sekali orang yang sudah menggunakan mobil pribadi yang di miliki untuk kendara pulang kampung, namun untuk menjaga keselamatan anda bisa menggunakan rental toyota hiace jakarta untuk kendaraan mudik anda. buat anda yang memiliki kendaraan pribadi apakah anda sudah mengetahui cara perawatan mobil yang baik dan benar? Berikut 4 tips yang bisa anda pelajari untuk menjaga kondisi mobil anda agar tetap prima dan bertenaga
  • Ganti Oli Secara Berkala

Untuk memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi yang prima, maka pastikan oli mobil yang anda gunakan selalu berada dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, ganti oli mesin mobil anda secara berkala sesuai dengan standar aturan masing-masing mobil. Biasanya, setiap mobil memiliki aturan terhadap waktu penggantian oli, jenis oli hingga jarak tempuh penggunaan oli mesin yang umumnya adalah pemakaian antara 3000km hingga 5000km. Oli pada dasarnya memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi saat mesin mobil bekerja. oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi serta jenis oli yang anda gunakan, agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan saat mesin bekerja. Jika tidak, mesin mobil sangat rentan akan menimbulkan panas yang berlebih, dan berakibat pada kerusakan mesin.
  • Cek Kondisi Radiator

Radiator adalah bagian penting dari mobil yang berfungsi untuk menetralisir panas yang muncul dari mesin mobil. Jika air radiator, atau coolant tidak bekerja dengan benar, maka mesin akan cepat penas dan menimbulkan kerusakan fatal. Hal ini juga berbahaya bagi pengendara mobil itu sendiri. Maka dari itu, perhatikan selalu apakah kondisi radiator mobil anda dalam kondisi baik, apakah air radiator atau coolant dalam kondisi baik dan sebagainya. Jika anda merasa air radiator selalu berkurang, waspadai juga kebocoran pada radiator.
  • Pastikan Kondisi Filter Karburasi

Jika anda merasa mobil anda sering sulit untuk dihidupkan, coba lakukan pemeriksaan pada saringan filter saringan karburasi. Ada kemungkinan filter karburasi sudah kotor dan perlu untuk dibersihkan. Cara membersihkannya juga tidak sulit, cukup gunakan sikat gigi bekas secara perlahan untuk membuang kotoran serta kerak yang menempel pada saringan tersebut. Hindari meniup saringan dengan kompresor atau hairdryer pada filter karburasi karena beresiko merusak.
  • Buang Kerak Mesin


Pada bagian dalam mesin mobil, khususnya yang sudah lama digunakan, kerap terdapat kerak. Oleh karena itu, cobalah untuk membuang kerak tersebut agar tidak menempel terlalu lama hingga sulit dibuang. Caranya cukup mudah, injak pedal gas anda lebih dalam agar kerak mesin tersebut rontok dan keluar lewat lubang knalpot. Tapi jika anda melakukannya di jalan raya, pastikan kondisi berkendara anda dalam posisi yang aman dan tidak membahayakan. Jika tidak, anda dapat melakukannya di garasi saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar