1. Sejarah Berdirinya Usaha
Sejarah berdirinya usaha menggambarkan kepada pihak-pihak
yang berhubungan dengan perusahaan ataupun kosumen mengenai dasar atau landasan
usaha ini berdiri. Apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu
yang terlibat di dalamnya.
2. Visi & Misi Usaha
Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai dalam jangka
panjang atau dengan kata lain perusahaan dalam periode tertentu ingin menjadi
perusahan yang seperti apa? (What to Be?).
Misi merupakan cara-cara yang digunakan usaha dalam mencapai
visi usaha (How to Be?). Misi dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang
mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai tujuan
perusahaan.
3. Struktur Organisasi
Struktur organisasi berisi susunan/hirarki tanggung jawab
pekerjaan dalam perusahaan berikut nama individu pada masing-masing pekerjaan.
Kegunaan struktur organisasi dalam company profile adalah agar konsumen atau
pihak-pihak lain yang bekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui person in
charge yang langsung berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan ataupun masalah.
4. Kinerja Perusahaan
Kinerja perusahan terdahulu dapat dibedakan atas :
• Pengalaman Pekerjaan Terdahulu
Pengalaman perusahan dalam menanggani pekerjaan terdahulu
dapat dilakukan secara verbal/tulisan ataupun visual/grafik dengan menampilkan
dokumentasi foto/video hasil pekerjaan tersebut.
• Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan perusahaan diperlukan bergantung kepada
kebutuhan akan company profile tersebut. Apabila company profile dibutuhkan
dari segi keuangan seperti untuk investasi/saham atau kerjasama dengan lembaga
keuangan maka laporan keuangan perusahaan diperlukan sebagai data penting dalam
pertimbangan kerjasama tersebut.
Sedangkan apabila company profile tidak dibutuhkan dalam segi keuangan atau company profile dibutuhkan oleh klien/konsumen yang membutuhkan produk/servis perusahaan maka laporan keuangan tidak dibutuhkan. Laporan keuangan perusahaan hanya ditampilkan dalam company profile pada media print saja. Tidak di media lain atau media televisi.
Berdasarkan marketing mix di atas, perusahaan dapat
mengidentifikasikan dirinya dengan para pesaing/kompetitor untuk kemudian
menentukan dari faktor-faktor manakah dari ketujuh marketing mix tersebut,
perusahaan memiliki keunggulan (Competitive Advantage) dibandingkan pesaing.
Saya sengaja tidak melampirkan contoh video company profile dengan tujuan anda mampu membuat company profile yang unik dan berkarakter sesuai dengan gaya bahasa yang melekat pada anda. Hal tersebut tentu akan menghadirkan first impression yang lebih kuat pada benak pembaca daripada menggunakan template profil perusahaan pada umumnya. Semoga bermanfaat.
Saya sengaja tidak melampirkan contoh video company profile dengan tujuan anda mampu membuat company profile yang unik dan berkarakter sesuai dengan gaya bahasa yang melekat pada anda. Hal tersebut tentu akan menghadirkan first impression yang lebih kuat pada benak pembaca daripada menggunakan template profil perusahaan pada umumnya. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar