Minggu, 07 Januari 2018

6 Tips Mengganti Ban Serep

Dalam melakukan perjalanan jauh jelas ada sudah menyiapkan ban cadangan bukan? Karena dalam melakukan perjalan yang jauh menggunakan kendaraan dari rental mobil elf jakarta rentan akan kondisi ban yang mudah bocor, oleh karena itu anda harus siap dengan ban penggantinya agar perjalanan mudik anda dapat berjalan dengan lancar. Lalu bagaimana cara untuk mengganti ban serep yang benar? Berikut simak tips dan caranya di bawah ini



  • Siapkan Peralatan

Peralatan adalah komponen utama dalam langkah mengganti ban serep. Mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan mulai dari dongkrak mobil, kunci roda hingga ban cadangan. Peralatan tersebut harus selalu dibawa dan siap di dalam bagasi Anda,Jadi ketika dibutuhkan, anda bisa langsung mengeluarkannya.
  • Kendurkan Baut Ban

Saat mengendurkan baut, sebelumnya buka penutup lubang baut jika memang ada. Trik untuk mengendurkan baut dengan mudah adalah dengan mengendurkan baut yang saling berseberangan. Ulangi cara ini hingga semua baut kendur. Namun ingat, cukup dikendurkan saja. Pada tahap ini pastikan baut ban tidak terlepas
  • Pasang Dongkrak Mobil

Pada saat memasang dongkrak ada tekniknya, sama seperti cara ganti ban itu sendiri. Selain memasang dongkrak di dekat ban yang ingin diganti, pastikan juga untuk memasang dongkrak pada struktur yang kokoh.Kemudian pastikan juga dongkrak sudah berada dalam posisi tegak lurus.
  • Buka Baut Ban

Setelah ban terangkat, Anda bisa mulai membuka baut ban hingga terlepas seluruhnya. Lepas ban dari tempatnya dan letakkan ban pada tempat yang aman.
  • Pasang Ban Cadangan

Pasang ban dan pastikan ban tersebut terpasang dengan benar. Sebagai tips mengganti ban mobil, anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannya. Cara ini akan memudahkan Anda memperoleh posisi yang tepat. Setelah ban sudah terpasang,maka pasangkan baut dan ingat jangan dikencangkan terlebih dahulu.
  • Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Setelah ban sudah terpasang dan baut juga sudah di posisi semula,selanjutnya Anda bisa mulai menurunkan dongkrak. Turunkan dongkrak secara perlahan dan hati-hati,jika ban sudah sampai ke tanah, lepas dongkrak dan kencangkan baut satu demi satu. Kencangkan dengan menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya yakni dengan pola bersilang.

Setelah ban cadangan terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk mengembalikan semua peralatan ke tempatnya semula. Jangan sampai ada peralatan yang tercecer. Saat ada kesempatan, perbaiki ban mobil yang bocor tadi agar bisa digunakan kembali. Sangat penting untuk selalu memiliki ban cadangan agar Anda selalu siap jika ban mobil Anda kembali bocor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar