Selasa, 09 Januari 2018

4 Manfaat Taat Membayar Pajak Negara

Sebagai masyarakat Indonesia yang sayang dengan negaranya sendiri, jelas anda taat bukan untuk membayar pajak negara? Di Negara ini ada beberapa pajak yang harus anda bayarkan, contohnya seperti pajak bangunan, kendaraan, dll. Pajak merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh masyarakat kepada pemerintah Negara. Dilihat dari sisi pemerintah, pajak merupakan sumber utama penerimaan Negara, namun pada sisi pengusaha pajak itu merupakan suatu beban yang mengurangi laba bersih pada perusahaannya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak taat untuk melakukan pembayaran pajak, jadi jika perusahaan atau masyarakat tidak taat akan membayar pajak itu akan berpengaruh pada pendapatan Negara secara signifikan, padahal dari rajin membayar pajak ada manfaat yang akan dimiliki kedepannya oleh masyarakat atau perusahaan, apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan  ketika rajin membayar pajak Negara:
  • Belajar Mengelola Keuangan

Salah satu yang mengakibatkan pengusaha mudah sekali mengalami kebangkrutan, karena sebagian mereka tidak seberapa ahli dalam mengelola keuangan bisnisnya. Oleh karena itu, dengan kita membayar pajak kita akan belajar mengelola keuangan dari hasil bisnis kita. Bagi pengusaha yang menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM), sekarang tersedia pajak khusus UKM yang sedikit ringan pembayarannya dengan membayar 1% tiap bulan. Otomatis, dengan membayar 1% dari omzet tiap bulan kita bisa belajar mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik.
  • Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Keunggulan lain dari membayar pajak selain dapat belajar mengelola keuangan adalah bisnis kita akan terlihat profesional di mata distributor maupun konsumen. Kenapa? Karena jika Anda bergelut dalam bisnis di bidang manufaktur, maka NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak dengan konsumen maupun distributor. Jika tidak ada NPWP maka perusahaan, tidak akan terlihat profesional.


  • Mendapat Pinjaman Lebih Mudah

Salah satu keuntungan membayar pajak adalah mudahnya mendapatkan pinjaman dari Bank untuk bisnis kita. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki kartu NPWP maka pihak Bank akan menganggap kita adalah pelaku bisnis profesional, karena sudah memiliki kartu NPWP khusus untuk bisnis, jika anda sudah ahli mengelola keuangan perusahaan menggunakan program akuntansi bank akan lebih mudah mengeluarkan dana pinjaman terhadap perusahaan
  • Menstabilkan Perekonomian Negara


Perlu diketahui bahwa pajak juga digunakan oleh pemerintah dalam hal mengatur atau menstabilkan perekonomian dalam Negeri. Pajak bisa menjadi alat stabilitas ekonomi dalam berbagai kondisi yang dianggap mengancam keberlangsungan jalannya perekonomian Negara. Dengan kehadiran pajak, pemerintah memiliki banyak opsi dalam membuat dan menerapkan sebuah kebijakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar