Senin, 08 Mei 2017

Tips Merawat Kamera Yang Baik Dan Benar



Hasil gambar untuk merawat kamera
 Dijaman modern ini siapa yang belum mengenal dengan kamera? Sebagian besar orang sudah banyak yang mengenal dengan kamera digital, tapi bagaimana sih cara perawatan kamera digital yang benar? Saat ini banyak anak muda yang mulai mengikuti perkembangan jaman yang sudah memakai kamera untuk mengabadikan setiap momen yang bagus atau menarik, tak jarang banyak orang juga menggunakan sebuah kamera untuk kebutuhannya. Kamera dapat dijadikan sebagai alat untuk mencari pendatan seperti jasa prewed, videografer, model, fotografi, dan saat ini sedang ramai adalah jasa pembuatan company profile. Pembuatan company profile sedang banyak di cari oleh penyedia bisnis online untuk malakukan pemotretan produk yang dijual supaya terlihat profesional, oleh karena itu perawat kamera sangat dipelurkan untuk menjaga kualitas kamera tersebut, lalu bagaimana caranya? Berikut cara merawat kamera yang benar.

1. Cara Yang Benar Menyimpan Kamera
Yang pertama adalah anda harus perhatikan besar suhu daerah anda, setiap negara beda anjuran perawatan kamera. Indonesia merupakan daerah dengan cuaca tropis membuat sensor kamera rentan berjamuran. Jika ingin lebih aman lagi maka gunakan Dry Cabinet lalu atur suhu kelembapannya sesuai anjuran yang tertera pada buku petunjuk kamera Anda.

2. Perhatikan Kebersihan Kamera
Ketika Anda pulang dari memotret di area terbuka yang rentan debu, sebaiknya jangan langsung masukkan kamera ke tempatnya. Bersihkan dahulu kamera Anda menggunakan perlatan khusus pembersih kamera

3. Cara Membersihkan Body Kamera
Untuk bagian luar body kamera yang perlu Anda perhatikan kebersihannya adalah viewfinder, area lampu flash, tombol navigasi, layar LCD dan body kamera itu sendiri. Sedangkan untuk membersihkan viewfinder Anda bisa menggunakan Cotton Bud yang diberi cairan khusus pembersih kamera. Lakukan hal yang sama pada area lainnya di bagian luar body kamera.

4. Cara Membersihkan Lensa Kamera
Lensa kamera merupakan salah satu bagian sensitif yang sangat perlu diperhatikan kebersihannya. Karena lensa merupakan bagian kamera yang paling sering dikeluhkan terserang jamur. Jadi sebaiknya selalu Anda siapkan alat-alat pembersih khusus berupa Cleaning kit seperti blower, kain bersih khusus lensa dan kuas halus kecil. Ingat, sebaiknya pisahkan kain khusus pembersih permukaan lensa dengan kain pembersih body lensa atau body kamera.

5. Cara Membersihkan Sensor Kamera
Ini bagian yang paling sensitif dari kamera sehingga membutuhkan pembersihan rutin dan ekstra hati-hati.

6. Jangan Diamkan Kamera Anda, Sesekali Lakukan Pemotretan
Dikarenakan ingin irit Shutter Count sehingga ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menyimpan kameranya dalam kurun waktu yang lama ketimbang menggunakannya untuk hal yang dianggapnya tidak penting. Padahal lensa yang jarang terpakai dan tersimpan dalam tempat yang lembab akan lebih rentan terserang jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar