Kamis, 04 Mei 2017

Perkembangan Teknologi Perbankan Pada Saat Ini

Hasil gambar untuk perbankan
Teknologi perbankan saat ini telah mencapai pada level yang dikatakan maju dibandingkan beberapa tagun kebelakangan ini. produk-produk yang dihasilkan mulai banyak. yang pertama yaitu ATM atau yang dikenal dengan anjungan tunai mandiri. ini merupakan produk bank yang sudh kita kenal atau jumpai hampir disetiap tempat dan bahkan merupakan mesin kasir otomatis pengganti orang karena kita tidak perlu mengantri panjang untuk melakukan pembayaran, apalagi dijaman yang modern ini kita bisa melakukan pembayaran atau penyetoran melalui smartphone dari jasa reparasi iphone, karena kita bisa menggunakan mobile banking jadi kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke mesin ATM.

Saat ini sebagian besar layanan E-banking terkait langsung dengan rekening bank. Jenis E-Banking yang tidak terkait rekening biasanya berbentuk nilai moneter yang tersimpan dalam basis data atau dalam sebuah kartu (chip dalam smartcard). Dengan semakin berkembangnya teknologi dan kompleksitas transaksi, berbagai jenis E-banking semakin sulit dibedakan karena fungsi dan fiturnya cenderung terintegrasi atau mengalami konvergensi. Sebagai contoh, sebuah kartu plastik mungkin memiliki “magnetic strip”- yang memungkinkan transaksi terkait dengan rekening bank, dan juga memiliki nilai moneter yang tersimpan dalam sebuah chip. Kadang kedua jenis kartu tersebut disebut “debit card” oleh merchant atau vendor.
jenis-jenis E-Banking
- Automated teller machine (ATM)
- computer banking
- debit (or check) card
- direct deposit
- direct peyment (also electronic bill payment)
- electronic fund transfer (EFT)
- payroll card
- preaunthorized debit (or automatic bill payment)
- prepaid Card
- smart card
- stored-value card

pengoprasian ATM dapat dilakukan memalui 2 cara:

1.menurut perbankan berdasarkan jenisnya:
-multifungsi
-tarik tunai
-non tunai
-setoran tunai

2. dari teknologi perbankan yaitu Kartu Plastik. ATM tidak akan berfungsi bila tanpa kartu plastik ini. Kartu plastic memiliki banyak jenisnya diantaranya :
- Credit card
- Smart card
- Debit card
- Private label card
- Change card

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenalin perbankan. karena sekarang sudah jaman modern jadi marilah mulai menabung di bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar