Rabu, 24 Mei 2017

5 tTps Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses

Image result for pengusaha



Jika anda bertanya 'bagaimana cara nya menjadi pengusaha/pebisnis sukses dengan modal kecil? maka jawaban yang paling tepat adalah dengan bisnis online. Bahkan, menjalankan bisanis online tanpa modal sekalipun bisa dan sangat mungkin, karena modal yang kita perlukan hanya koneksi internet dan laptop saja, kabar baiknya kini telah bnya tersedia free wifi, sementara untuk bisa meminjamnya (tidak disarankan). Dimana sebenarnya bisnis apapun itu, pasti bisa mengantarkan kita pada kesuksesan atau dalam hal ini adalah uang yang banyak, hanya saja lama tidaknya hal tersebut tercapai, tergantung dari jenis bisnis yang kita pilih dan seberapa mahir kita dalam menjalankannya.
Cara menjadi sukses adalah dengan:
- Menentukan produk yang tepat
- Mnecari tahu siapa target pasar
- Memilih media promosi yang efektif
- Membuat pembukuan untuk menghitung margin
Selanjutnya mari kita kupas secara mendalamn, satu per satu dari kelima pointe tersebut.

1. Menentukan produk
Langkah awal untuk menjadi pengusaha/pebisnis sukses adalah menuntukan produk atau jamak disebut dengan riset produk. Produk disin tidak selamanya berbentuk fisik, namun juga bisa berupa barang digital seperti ebook, ecourse atau semacamnya, bahkan juga bisa berbentuk layanan/jasa. Untuk menetukan produk yang tepat,tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang yang adalah produk yang memiliki jumlah peminat yang besar namun memiliki tingkat persaingan yang kecil.
Salah satu cara paling mudah untuk melakukan kedua riset tersebut adalag dengan menggunakan tool dari google. ya tool yang saya maksud adalah google adwords keyword planner, tool onlone gartis dari googel ini bisa kita gunakanan untuk mencara tahu berapa banyk peminat suatu produk. Jadi misalnya kita mengetikkan produk 'baju mjurah' maka nanti yang akan muncul jumalh pencarian produk tersebut setiap bulanannya.
Data tersebut, bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah produk tersebut memiliki prospek bagus atau tidak. Jika tren atau jumlah pencarian meningkat, maka bisa dipastikan produk tersebut memiliki prospek yang bagus.

2. Mencari tahu target pasar
Pengusaha sukses adalah mereka yang bukan hanya pandai memilih produk namun juga pandai menganalisa siapa yang menjadi target pasar. Jadi, disini kita dituntut untuk mengetahui siapa target pasar atas produk yang akan kita jual, karena jika dalam pengaplikasiannya salah, maka bisa dipastikan akan sulit untuk memperoleh penjualan.
Target  pasar secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian meliputi:
-Target produk : Remaja belasan tahun
-Target lokasi : Kota besar di indonesia
-Target demografi : Anak orang kaya uang jajan jutaan perbulan
-Target psikografi : Remaja yang aktif di social media
Dengan menentukan dan mengetahui target, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan media dan cara produksi seperti apa yang akan digunakan. Pastinya akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan.

3. Memilih media promosi yang efektif
Ada banyak media yang bisa kita gunakan sebagai alat promosi, seperti media cetak, internet, radio atau tv. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua media tersebut afektif untuk meningkatkan penjualan. Karena kembali lagi pada siapa target kita, jika target produk kita adalah anak muda, maka gunakan internet sebagai media promosi, sebaliknya jika target kita adalah orang tua yang notabenenya tak terlalu pahan akan internet, maka gunakan media tv atau radio.
Salah satu cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil bisa dengan memanfaatkan situ media promosi gratis di internet, seperti facebook, twitter atau google+, karena dari media social itulah kita bisamendapatkan banyak pelanggan, mengingat masyarakat modern saat ini lebih memilih untuk bersosialisasi melalui media sosial di bandingkan bertemu langsung di dunia nyata.

4. Menggunakan startefi promosi kreatif
Akan sangat susah untuk bisa menjadi pengusaha sukses jika kita tidak mengerti bagaimana cara menjalankan startegi berbisnis yang baik dan benar. Penjelasan mengenai strategi atau metode marketing ini sangat panjang jika saya jelaskan secara  rinci, untuk itu disinisaya akan menjelaskan secara singkat. Berikut adalahgambaran atau garis besar tentang strategi promosi untuk mendapatkan banyak pelanggan:
-Dapatkan kepercayaan pelanggan
-Berikan harga murah diawal
-Diskon untuk pembeli lebih dari satu
-Sarankan produk lain
-Jangan lupakan layanan after sales
Intinya diawal penjualan kita harus membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

5. Membuat pembukuan untuk menghitung margin
Akan jauh lebih baik jika pengusaha/pebisnis memiliki pembukuan yang jelas, karena dari pembukuan tersebut nantinya bisa dihitung untuk dan ruginya, jadi kita busa mengetahui berapa keuntungan yang didapat setelah dikurangi dengan modal yang dikeluarkan. Intinya pembukuan itu penting untuk membantu kita menjadi pengusaha sukses. Pembukuan juga akan membantu kita dalam merencanakan bisnis kita kedepan.

Kurang lebih begitulah tips menjadi pengusaha muda sukses yang bisa diberikan untuk anda, dan perlu dicatat bahwa cara menjadi pengusaha muda tanpa modal uang itu nyata untuk mereka yang percaya. Dan jika anda sudah menjadi pengusaha yang sukses dan memiliki banyak perusahaan jangn lupa untuk membuat company profile di jasa pembuatan company profile. Jadi tidak ada alan untuk menjadi pengusaha karena alasan tidak ada modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar