Kamis, 05 Mei 2016

Usaha sendiri lebih menyenangkan !!



Ketika sudah menikah, wanita biasanya dihadapkan 2 pilihan. Menjadi wanita karir atau menjadi ibu rumah tangga. Sebagian besar wanita Indonesia memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan mereka ingin menikmati peran seorang ibu yang menjaga buah hati dan juga suami. Namun, tidak sedikit dari ibu rumah tangga yang terkadang bosan karena tidak melakukan apa-apa.
Alasan dan syarat untuk memulai usaha
Bosan dan tidak melakukan apa-apa menjadi salah satu dari alasan dari ibu rumah tangga hingga akhirnya mereka mencari usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. 

Alasan lainnya hingga memutuskan untuk membuka atau mencari usaha sampingan yaitu:
Ingin membantu perekonomian keluarga.
Membuka lapangan pekerjaan baru.
Mencoba peruntungan dalam bidang bisnis.
Menyalurkan hobi.
Mencari pengalaman baru.

Namun, untuk melakukan usaha sampingan tersebut, para ibu rumah tangga ini harus dapat:
Mendapatkan ijin dari suami. Hal ini merupakan syarat dasar karena suami merupakan pemimpin dalam sebuah keluarga, dan untuk melakukan usaha sampingan, suami harus memberi ijin terlebih dahulu agar lebih ridha usahanya.
Dapat mengatur waktu. Peran ibu dalam rumah tangga sangat besar. Tidak hanya mengurus suami, membersihkan rumah, memasak dan melakukan pekerjaan rumah lainnya, namun juga mengurus anak yang membutuhkan perhatian lebih terutama jika masih memiliki balita.
Menyiapkan modal sesuai dengan usaha yang akan dirintis.
Memilih jenis usaha yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki atau yang tidak terlalu menyita waktu terlalu banyak.

Contoh jenis usaha yang bisa diambil

Jenis usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga diantaranya adalah daur ulang barang bekas atau tidak terpakai. Para ibu rumah tangga biasanya lebih jeli dalam melihat sebuah peluang atau dalam mengubah sesuatu benda dari yang tidak terpakai hingga tidak dapat terpakai menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali, sesuatu yang baru dan memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi, selain dapat menghemat pengeluaran untuk membeli barang baru dan menggantinya dengan barang daur ulang yang telah dibuat, ibu rumah tangga juga dapat memperoleh penghasilan untuk biaya tambahan membeli kebutuhan sehari-hari atau untuk disimpan.

Usaha selanjutnya yang dapat menjadi usaha sampingan untuk ibu rumah tangga adalah usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Kenapa? Karena biasanya ibu rumah tangga itu pintar memasak. Tidak jarang, terdapat beberapa ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu mereka dirumah dengan melakukan eksperimen untuk menciptakan menu baru atau sekedar mencoba menu baru yang baru saja dirapatkannya. Oleh karena itu, daripada hanya menggunakan hobi memasak dan menciptakan menu baru untuk mengisi aktivitas sehari-hari, hobi ini dapat digunakan sebagai modal untuk usaha bisnis sampingan yang malah akan menambah penghasilan keluarga.

Contoh lain usaha yang bisa dipilih
Jenis usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga antara lain yaitu:

Usaha dalam bidang kerajinan tangan misalnya dengan menjual syal atau rajutan yang dihasilkan dari hobi atau sekedar mengisi waktu luang.

Usaha dalam bidang pertanian. Misalnya ibu rumah tangga yang gemar bercocok tanam contohnya menanam sayur, menanam bunga, selain hasilnya dapat digunakan sendiri, dapat juga dijual.
Membuka toko atau warung. Tidak perlu meninggalkan rumah, dan dapat dilakukan selagi mengurus anak atau melakukan hal lainnya.

Usaha di bidang pendidikan, misalnya dengan membuka bimbingan belajar yang muridnya dapat datang ke rumah di jam yang sudah ditentukan.
Untuk ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan tersendiri atau skill tertentu dapat pula menjadikannya sebagai modal. Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang menggunakan skill tertentu misalnya menjadi penjahit dan membuka jasa pembuatan kaos , desainer baik baju, karakter, interior. Ibu rumah tangga juga dapat melakukan jual beli saham jika mampu, mengerti dan memahami cara kerjanya. Atau yang biasanya ngeblog dapat juga digunakan sebagai usaha sampingan karena tidak sedikit cara yang dapat digunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan menggunakan internet, misalnya affiliate atau bermain internet dengan cara ngeblog dan melakukan sistem pay per click, atau sistem yang lainnya.

Usaha lainnya yang tidak kalah menguntungkan adalah dengan membuka warung kopi atau tempat untuk nongkrong atau angkringan. Peluang bisnis ini menjadi salah satu yang memiliki prospek tinggi terutama untuk Anda, Ibu rumah tangga, yang memiliki rumah atau tempat yang strategis.

Misalnya yang dekat dengan kampus, pabrik, tempat berkumpul baik yang masih muda hingga yang sudah kakek-kakek. Tidak hanya menjual minuman sejenis kopi, namun juga makanan sampingan misalnya tempe goreng, tahu goreng. Anda juga dapat menjual makanan utama dengan porsi yang sedikit, misalnya nasi kucing atau bakmi goreng yang biasanya banyak terdapat di angkringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar