Selasa, 06 Juni 2017

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa

Bulan Ramadan sudah tiba juga, berapa antusias sih teman teman menyambut bulan yang penuh berkat pada tahun ini? sampai hari ini apakah puasa teman teman full, pasti full dong yaa, atau ada yang bolong nih teman teman? Kegiatan apa aja sih yang kalian lakukan ketika bulan ramadan itu datang, tidak sedikit orang yang memanfaatkan bulan ramadan menjadi alesan bermalas – malasan padahal itu merupakan hal yang sangat salah. Dengan waktu pola makan yang berbeda pada saat bulan ramadan akan mudah sekali membuat orang jatuh sakit, tapi itu bisa anda cegah ketika kondisi badan anda fit dan sehat. Jangan jadikan waktu berpuasa anda dengan males males, sebaiknya anda memanfaatkan waktu kosong anda ketika berpuasa dengan berolahraga unutk menjadi tubuh adana tetap bugar dan fit. Lalu bagaimana sih cara menjalankan olahraga saat bulan ramadan? Berikut tips yang bisa anda pelajari untuk berolahraga ketika berpuasa
  • Waktu olahraga

Ketika anda ingin melakukan olahraga saat berpuasa, penting anda perhatikan adalah waktu. Sebaiknya saat pemilihan waktu berolaharaga jangan di lakukan saat puasa atau siang hari, lebih baik anda mencari waktu ketika perut tidak kosong atau anda bisa pilih saat setelah berbuka puasa, karena setelah anda berbuka tubuh anda akan mendapatkan energi kembali dari makanan atau minuman yang anda santap.

Namun ada peneliti beranggapan, waktu berolahraga ketika berpuasa adalah pada saat menjelang waktu berbuka. Olahraga bisa dilakukan 30-60 menit sebelum berbuka, hal ini memang sah sah saja, tapi kembali lagi pada kebugaran setiap orang. Kerena setiap orang tidak memiliki kebugaran tubuh yang sama.
  • Pemilihan jenis olahraga

Dengan waktu puasa yang cukup lama, sebaiknya anda perhartikan jenis olahraga yang anda pilih. Pilihlah jenis olahraga yang sudah biasa anda lakukan, karena jika anda sudah bisa dengan kegiatan olahraga tersebut anda bisa mengukur berapa lama anda kebugaran tubuh anda untuk olahraga. Atau sebaiknya anda bisa lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, contohnya seperti berjalan, jogging, bersepeda, dll. Jangan pernah memaksakan diri anda untuk melakukan olahraga yang cukup berat.
  • Asupan energi pada tubuh

Pada saat bulan ramadan datang, tubuh di beri waktu makan 2 kali  yaitu  pada sahur dan berbuka. Karena  jam anda makan berbeda dengan biasanya sebaiknya anda perhatikan makanan yang akan anda konsumsi agar tubuh anda tetap sehat, usahakan asupan makan anda saat berpuasa jangan berlebihan.
  • Minum

Sangat jelas ketika anda melakukan berpuasa pasti tubuh anda akan dehidrasi apa lagi ketika cuaca panas. Asupan cairan sebaiknya di perhatikan, usahakan untuk menjaga kebugaran tubug usapan cairan 1,5 – 2 liter perhari.
  • Waktu beristirahat

Untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap prima ketika berpuasa, anda harus pintar mengatur jam istirahat anda. orang dewasa di sarankan 7-9 jam per hari, namun banyak sekali anak muda saat ini setiap puasa datang banyak sekali jadwal buka bersama. Yang membuat tubuh lebih cape, tapi banyak sekali mereka senang bisa kumpul bersama lagi atau sambil bertukar pengalaman mengenai smartphone atau service macbook jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar